1.
Pengertian
Shalat tarawih adalah shalat sunat dengan niat tertentu yang
dikerjakan pada setiap malam Bulan Rahamadhan setelah shalat isya’. Hukum
shalat tarawih adalah sunah ‘ainiyah Muakkadah baik bagi laki-laki amaupun
perempuan yang mukallaf.
Dalam tradisi kita shalat tarawih 20 roka’at ini dikerjakan
dengan dua roka’at salam, hal ini berdasarkan hadist Nabi tentang tata cara
melaksanakan shalat malam. Nabi SAW bersabda :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ
رَجُلًا سَأَلَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. عَنْ صَلَاةِ الَّليْلِ فَقَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص.م. صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى (رواه البخارى,٩٣٦ ومسلم, ١٢٣٩
والترمذى ١٠٤,
والنسائ,١٦٥٩,وابو
داود,١١٣,وابن ماجه,١١٦٥)
Dari Ibnu Umar ” Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah
tentang shalat malam. Mereka Nabi menjawab, “ Shalat malam itu ada dua
rakaat-dua rakaat” (HR al-Bukhari : 936, Muslim : 1239, al-Tirmidzi : 401,
al-Nasa’I :1650, Abu Dawud :1130 dan Ibnu Majah : 1165).
2. Dalil Tarawih 20 Raka’at
Di antara Dalil yang di gunakan Hujjah dalam menjalankan tarawih
20 Raka’at yaitu :
Pertama Hadist Imam Malik dari Sohabat Yasid bin Rumman.
عَنْ مَالِكٍ عَنْ يَزِيْدَ
بْنِ رُمَّانَ اَنَّهُ قَالَ: كَانَ النَّاسُ يَقُوْمُوْنَ فِىْ زَمَنِ عُمَرَ
بْنِ الْخَطَّابِ بِثَلَاثِ وَعِشْرِيْنَ رَكْعَةً.( رواه الامام مالك فى الموطأ).
“Dari Malik, dari Yazid bin Rumman, ia mengatakan : Orang-orang
mengerjakan (salat Tarawih) pada zaman Umar bin Khathbab sebanyak 23 rakaat”.
(HR Imam Malik, dalam kitab al-Muwatha, Juz I hlm. 138)
Kedua Hadist riwayat al-Baihaqi dari sahabat saib bin Yazid
dalam kitab Al-Hawy li Al Fatawa li As Suyuthy, Juz I hlm. 350, juga kitab fath
al-wahhab Juz I, hlm. 58.
وَمَذْهَبُنَا اَنَّ
التَّرَاوِيْحَ عِشْرُوْنَ رَكْعَةً لِمَا رَوَى اْلبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُ
باِلْاِسْنَادِ الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ الصَّحَابِيِّ رَضِيَ
للهُ عَنْهُ قَالَ: كُنَّا نَقُوْمُ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ
بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَاْلوِتْرِ _ هَكَذَا ذَكَرَهُ اْلمُصَنِّفِ وَاسْتُدِلَّ
بِهِ.
Madzbab kita (Syafi’iyah) menyatakan : salat Taawih itu
dijalankan 20 rakaat. Ini berdasarkan pada hadist nabi yang diriwayatkan Imam
Baihaqi dengan sanad shabih, dari Saib bin Yasid, ia mengatakan : kita
mengerjakan salat Tarawih pada masa Umar bin Khathhab dengan 20 akaat ditambah
Witir.
Ketiga, pendapat Jumhur fiqih yang terdapat dalam kitab fiqih
as-Sunah, Juz II. Hlm. 45
وَصَحَّ النَّاسُ كَانُوْا
يُصَلُّوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيِّ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً.
وَهُوَ رَأْىُ الْجُمْهُوْرِ الْفُقَهَاءِ.
Betul bahwa kaum muslimin mengerjakan salat pada zaman Umar,
Utsman, dan Ali sebanyak 20 rakaat, dan ini pendapat sebagian mayoritas
pakar-pakar hokum Islam.
Dalil keempat, dalam kitab Taudbib al-Adillah, Juz III, hlm.
171.
عَنْ اِبْنِ عَبَسَ رَضِيَ
اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يُصَلِّى فِىْ شَهْرِ رَمَضَانَ فِىْ غَيْرِ جَمَاعَةٍ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً
وَاْلوِتْرِ.رواه البيهقى والطبرنى عن عبد بن حمد.
Ibnu Abbas mengatakan : Rasul salat di bulan Ramadhan sendirian
sebanyak 20 rakaat ditambah Witir (HR Baihaqi dan Thabrani, dari Abd bin
Humaid)
Dalil kelima, dalam kitab Hamisy Muhibbah, Jus II, hlm. 446-467.
وَفِىْ تَخْرِيْجِ
أَحَادِيْثَ الرَّافِعِيْ لِلْاِمَامِ اْلحَاِفظْ اِبْنِ حَجَرَ مَا نَصَّهُ
حَدِيْثُ اَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّ بِالنَّاسِ عِشْرِيْنَ
رَكْعَةً لَيْلَتَيْنِ فَلَمَّا كَانَ فِىْ لَيْلَةِ الثَّالِثَةِ اجْتَمَعَ
النَّاسُ فَلَمَّا يَخْرُجَ اِلَيْهِمْ ثُمَّ قَالَ مِنَ الْغَدِّ خَشِيْتُ اَنْ
تَفْرُضَ عَلَيْكُمْ فَلَا تُتِيْقُوْنَهَا. متفق على صحته من حديث عائسة رضي الله
عنها دون عدد الركعات.
Ada komentarnya ImamRafi’I untuk hadist riwayat Imam Ibnu hajar
tentang teks hadist Rasul salat bersama kaum muslimin sebanyak 20 rakaat di
malam Ramadhan. Ketika tiba di malam ketiga, orang-orang berkumpul, namun
Rasulullah tidak keluar. Kemudian, paginya dia bersabda, Aku takut Tarawih
diwajibkan atas kalian, dan kalian tidak mampu melaksanakannya. Hadist ini
disepakati kesabibannya, tanpa mengesampingkan hadist yang diriwayatkan Aisyah
yang tidak menyebut rakaatnya. Sedangkan salat Tarawih berjama’ah hukumnya
sunat ainiyah, memurut ulama khanafiyah hukumnya sunat kifayah. Dalil ini
bedasarkan hadist Abu Durahman bin Abdul Qari dalam kitab shaih al-Buhkari.
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
بْنِ عَبْدِ الْقَارِيِّ اَنَّهُ قَالَ خَرَجْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ لَيْلَةٌ فِىْ رَمَضَانَ اِلَى اْلمَسْجِدِ فَاِذَا النَّاسُ
اَوْزَاعٌ مُتَفَرَّقُوْنَ يُصَلِّ الرَّجُلُ لِنَفْسِهِ وَيُصَلِّ الرَّجُلُ
فَيُصَلِّ بِصَلَاتِهِ الرَّهْطُ فَقَالَ عُمَرُ اِنِّي اَرَى لَوْ جَمَعْتُ
هَؤُلَاءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ لَكَانَ اَمْثَلَ ثُمَّ عَزَمَ فَجَمَعَهُمْ
عَلَى أُبَيَّ بْنِ كَعْبٍ ثُمَّ خّرَجَتْ مَعَهُ لَيْلَةً أُخْرَى وَالنَّاسُ
يُصَلُّوْنَ بِصَلَاةِ قَارِئِهِمْ قَالَ عُمَرَ نِعْمَ البِدْعَةُ هَذِهِ. (رواه
البخاري, ١٨١٧)
“Diriwayatkan dari Abdurrohman bin Abd al-Qori, beliau berkata,
“Saya keluar bersama Sayyidina Umar bin al-Khabtbab ke masjid pada bulan
Ramadhan. (Didapati dalam mesjid tersebut) orang-orang shalat tarawih
sendiri-sendiri. Ada yang shalat sendiri-sendiri dan ada yang shalat dengan
berjama’ah ”. Lalu Sayyidina Umar berkata, “Saya punya pendapat andaikata
mereka aku kumpulkan dalam jama’ah dengan satu imam, niscaya itu lebih bagus”.
Lalu beliau mengumpulkan mereka dengan seorang imam, yakni sahabat Ubay bin
Ka’ab. Kemudian satu malam berikutnya, kami dating lagi ke masjid. Orang-orang
sudah melaksanakan satu imam. Umar berkata, “ Sebaik-baiknya bid’ab adalah ini.
(Shalat tarawih dengan berjama’ah)”. (HR al-Bukhari :1871).
Dalam tradisi NU, di dalam melaksanakan shalat tarawih berjama’ah
biasanya bilal membaca "sholluu sunnatat taroowih.." yang dibaca pada
waktu akan melakukan jama’ah shalat tarawih. Hal ini berdasarkan dalil dalam
kitab Al-Qolyubi Juz, I hlm. 125.
(وَيُقَالُ فِى اْلعِيْدِ وَنَحْوِهِ)
مِمَّا تُشْرَعُ فِيْهِ الْجَمَاعَةُ كَاالْكُسُوْفِ وَالْاِسْتِسْقَاءِ
وَالتَّرَاوِيْحِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) لِوُرُوْدِ فِيْ حَدِيْثِ الشَّيْخَيْنِ
فِى اْلكُسُوْفِ وَيُقَاسُ بِهِ وَنَحْوِهِ (اَلصَّلَاةُ جَامِعَةً) وَمِثْلُهُ
“هَلُمُّوْا اِلَى الصَّلَاةِ اَوِالْفَلَاحِ اَوِالصَّلَاةِ يَرْحَمُكُمُ اللهُ
وَنَحْوُ ذَلِكَ.ھ
“Di dalam shalat ied dan shalat-shalat yang disyariatkan
dilaksanakan secara berjama’ah (seperti shalat khusuf, shalat istisqo dan
shalat tarawih) di sunahkan membaca "As-sholaatu Jaami'ah.." dan
bacaan semisalnya seperti "Halummuu ilash sholaah.." atau
"Halummuu ilal falaahi yarhamukumullooh.." dan lain sebagainya. Hal
ini berdasarkan hadist Bukhari Muslim tentang shalat kusuf, adapun yang lainnya
di kias-kiaskan”.
Kaitannya dengan hadist Riwayat Al Bukhari yang diriwayatkan
oleh ‘Aisyah RA
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ
عَنْهَا قَالَتْ مَا كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يَزِيْدُ فِى رَمَضَانَ وَلَافِى غَيْرِهِ عَلَى اِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً (رواه
البخارى,١٠٧٩)
“Dari Sayyidatuna Aisyah-Radbiyallohu’anba, ia berkata
,”Rosululloh …… tidak pernah menambah shalat malam pada bulan Ramadhan atau
bulan lain melebihi sebelas rekaat”.(HR. al-Bukhari,1079)
Hadist diatas sering dijadikan dalil shalat tarawih 11 rakaat.
Namun menurut keterangan dalam Kitab Tuhfah al-Muhtaj, Juz 11, hal 229 yang
mengutip pendapat Ibnu Hajar A-Haitami(seorang Ulama ahlussunah) meengatakan
bahwa hadist tersebut bukanlah dalil salah tarawih 11 rakaat melainkan dalil
shalat witir. Sebab berdasarkan kebanyakan riwayat disebutkan bahwa Nabi
Muhammad SAW melaksanakan shalat witir dan bilangan maksimalnya adalah sebelas
rakaat.
Dalam Kitab Kasyfu At-tabarih dikatakan :
وَلمَاَّ كَانَتْ تِلْكَ
اْلَاحَادِيْثُ مُتَعَارِضَةٌ وَمُحْتَلِمَةٌ لِلتَّأْوِيْلِ لَمْ تَقُمْ بِهَا
الْحُجَّةُ فِى اِثْبَاتِ رَكَعَاتِ التَّرَاوِيْحِ لِتَسَاقُطِهَا فَعَدَّ لْنَا
عَنِ اسْتِدْلَالِ بِهَا اِلَى الدَّلِيْلِ اْلقَاطِعِ وَهُوَ اْلاِجْمَاعُ وَهُوَ
اِجْمَاعُ اْلمُسْلِمِيْنَ فِى زَمَنِ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ
عَنْهُ عَلَى فِعْلِهَا عِشْرِيْنَ رَكْعَةً رَوَاهُ الْبَيْهَقِى بِااسْنَادِ
الصَّحِيْحِ عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيْدَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ كَانُوْا
يَقُوْمُوْنَ عَلَى عَهْدِ عُمَرُ بْنِ اْلخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِى
شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِيْنَ رَكْعَةً اھ كشف التاريح ص ١٣
“Karena dalil-dalil tentang bilangan shalat rakaat shalat
tarawih saling berlawanan dan memungkinkan adanya ta’wil maka tidak
memungkinkan untuk dijadikan hijjah dalam menetapkan rakaat shalatbtarawih
karena dalil-dalil tersebut saling menjatuhkan maka dari itu kami tidak
mengambil dalildarihadist-hadist tersebut melainkan menggunakan dalil yang
Qot’I yaitu ijma’ kebanyakan orang islam ( dilaman Sayyidina Umar RA ) yang
melaksanakan shalat tarawih 20 rakaat berdasarkan hadist riwayat Baihaqi dari
sahabat As-saib bin Yazid RA dengan isnad yang shahih, saib mengatakan : Mereka
(orang-orang muslim) mengerjakan shalat tarawih 20 rakaat pada bulan Ramadan di
zaman Khalifah Umar RA”.
Lebih lanjut dalam kitab Kasyfu at-tabarih dikatakan :
وَاِذَا كَانَ اْلاَمْرُ
كَذَلِكَ عَلِمْنَا اَنَّ اللَّذِيْنَ صَلُّوْا التَّرَاوِيْحَ الْيَوْمَ ثَمَانَ
رَكَعَاتٍ مُخَلِّفُوْنَ لِلْاِجْمَاعِ اِنْ كَانَ فِى اَمْرٍ مَعْلُوْمٍ مِنَ
الدِّيْنِ بِاالضَّرُوْرَةِ فَهُوَ كَافِرٌ وَاِلَّا فَهُوَ فَاسِقٌ وَهُمْ
مُخَالِفُوْا أَيْضًا لِسُنَّةِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ وَمَنْ خَالَفَ
سُنَّةَ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ فَقَدْ خَالَفَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
غَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِاَنَّهُ قَالَ فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ خُلَفَاءِ
الرَّاشِدِيْنَ اْلمَهْدِيِّيْنَ مِنْ بَعْدِيْ (رواه ابو داود والترميذ اھ كشف
التاريح ص ١٤)
“Dan jika perfmasalahannya seperti itu (dalil yang Qot’I adalah
dalil ijma yang membenarkan bilangan rakaat tarawih 20 rakaat) maka dapat kita
ketaahui bahwa mereka yang melaksanakan shalat tarawih 8 rakaat adalah
bertentangan dengan ijma dan orang yang menngingkari ijma tentang permasalahan
yang sudah pasti dalam agama adalah kafir atau fasik dan merfeka juga
berftentangan dengan sunah khulafaur Rosyiidin dan orang yang bertentangan dengan
khulafaur Roysidin Juga bertentangan dengan Nabi SAW, karena ia boleh bersabda
“ Berpegang teguhlah kamu sekalian dengan sunatku dan dengan sunat Khulafaur
Rosyidin yang memberi petunjuk sesudahku (HR. Abu Daud dan At-tirmidi).
Labels:
Kajian Islami
Terima kasih telah membaca postingan ini, bila ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Ilmu yang berkah adalah ilmu yang dimanfaatkan dengan baik dan diamalkan Shalat Sunnah Tarawih 20 Raka’at. Komentar anda memberikan masukan bagi saya.
0 Komentar untuk "Shalat Sunnah Tarawih 20 Raka’at"